Enam Dosen PT Bandung Masuk Nominasi Dosen Berprestasi Nasional

Bandung, 27 Oktober 2016. Enam dosen dari berbagai perguruan tinggi di Bandung berhasil masuk nominasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tahun 2016. Perhelatan akbar tersebut diikuti oleh 60 finalis yang berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Ada enam kategori dosen berprestasi pada tahun ini, antara lain; dosen, ketua program studi, laboran, pustakawan, pengelola keuangan, dan tenaga administrasi akademik berprestasi. Masing-masing kategori terdiri dari 10 nominasi yang berasal dari berbagai PTN dan PTS di Indonesia.

Untuk wilayah Bandung, nominasi dosen berprestasi diwakili oleh Fitri Khoerunnisa (UPI) dan Nono Carsono (Unpad). Kategori ketua program studi berprestasi diwakili oleh Kikin Winangun (Unpad). Kategori laboran berprestasi diwakili oleh Sri Rakhmiyat (Unpad). Kategori pustakawan berprestasi diwakili oleh Wiwik Istiyarini (ITB). Dan kategori tenaga administrasi akademik berprestasi diwakili oleh Anita Kurniasari (UPI).

“Setelah perhelatan ini, diharapkan semangat para peserta dapat menular dan menstimulus rekannya untuk lebih berprestasi,” ujar Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Bunyamin Maftuh.

Bunyamin pun merasa senang karena perwakilan PTS mampu menembus 10 besar. “Tunjukan bahwa PTS mampu bersaing dengan PTN.  Dikti memberikan kesempatan yang sama bagi PTN dan PTS,” ujarnya.

Harapannya setiap PT dapat terdorong untuk memiliki sistem penghargaan bagi dosen dan tenaga kependidikan, sehingga motivasi untuk bekerja lebih keras dan cerdas dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dapat tumbuh di kalangan dosen dan tendik.

Hari ini (27/10), peserta melakukan presentasi terkait capaian prestasi dan inovasi yang dilakukannya kepada tim penilai sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Tim penilai adalah insan pendidikan tinggi yang terpilih berdasarkan rekam jejak prestasi, kepakaran dan pengabdiannya dalam menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tiga terbaik dari setiap kategori akan diumumkan pada malam puncak acara, Jumat (28/10). (ra)

X