Grand Final Pemilihan Pendidik & Tenaga Kependidikan Berprestasi Dimulai

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Nasional, Rabu (26/10/2016) di Grand Asrilia Hotel, Bandung. Kegiatan ini menjadi apresiasi terhadap dosen dan tenaga kependidikan  yang berdediksi tinggi pada profesinya.

Bentuk penghargaan ini didasari pada Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen pasal 51 ayat (1) butir b bahwa dosen berhak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kinerja akademiknya.

Dengan tujuan agar setiap PT terdorong untuk memiliki sistem penghargaan yang terprogram bagi dosen dan tendik, menjadi informasi bagi PT dalam menentukan prioritas pengembangan menuju daya saing PT berbasis keunggulan lokal, meningkatkan motivasi untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen dan tendik terhadap profesinya.

“Saya berharap dengan diselenggarakanya acara ini semangat dosen meningkat, juga menstimulus rekan yang lain untuk lebih bersemangat dan berprestasi,” ujar Direktur Karier dan Kompetensi SDM, Bunyamin Maftuh.

Terdapat enam kategori penghargaan dalam pagelaran akbar ini, diantaranya; dosen, ketua program studi, laboran, pustakawan, pengelola keuangan, dan tenaga administrasi akademik berprestasi. Tercatat sebanyak 266 pendaftar dari berbagai PTN dan PTS di Indonesia, namun hanya 10 finalis dari masing-masing kategori lah yang berhak mengikuti seleksi akhir penghargaan ini.

Bunyamin memberikan apresiasi kepada para finalis, bukan hal yang mudah untuk bisa lolos ke tingkat nasional seperti sekarang ini. Ternyata, lanjutnya tidak hanya PTN saja, PTS juga mampu menunjukan daya saingnya pada perhelatan ini.

Kasubdit Kompetensi SDM, Mulyono mengatakan proses seleksi dilakukan secara berjenjang dimulai dari tingkat internal PTN dan PTS. “Setelah melalui proses yang cukup ketat di internal PTN dan Kopertis, pada pertengahan September 2016 pendaftaran dari setiap PTN dan Kopertis kami tutup. Dan hasilnya kami menerima sebanyak 266 dari setiap kategori,” terangnya.

Sedangkan penganugerahan gelar tersebut akan diberkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti, Ali Ghufron Mukti pada malam puncak kegiatan tanggal 28 Oktober 2016 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. (kf)

X